728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, December 6, 2015

Ulee Kareng | Kopinya Orang Aceh



Yang suka kopi pekat bisa mencoba kopi kiriman dari sobat saya Mas Edwin. Kopi Aceh bisa dinikmati di kedai2 kopi yang bertebaran hingga pulau Sabang sebuah kultur yang juga melekat di masyarat Melayu dan Cina dengan kopi Tiam (Singapura) dan Kopi O (Malaysia).

Indonesia terutama Aceh adalah produsen kopi yang kaya tersebar dari pegunungan Gayo (Arabica), Ulee Kareng (Robusta) selain kopi dari kawasan Mandheling, Lintong (Sumatra Utara), hingga Pagar Alam (Sumatera Selatan). Sayangnya, nama kopi Gayo sudah dicayut namanya oleh pengusaha Belanda dan sekarang belum ada kelanjutan tindakan dari pemerintah RI mengenai hal ini.

Menurut laporan UNDP, saat ini terdapat kira2 84 ribu hektar perkebunan kopi, namun 10% nya berupa lahan yang tidak produktif dan harus segera diremajakan selain 13 ribu hektar lagi yang terbengkalai akibat konflik perang saudara. Akibat terlalu banyaknya middle man yang membuat harga kopi dari petani tidak kompetitif, banyak para pemilik lahan yang patah arah dalam berbisnis kopi hingga produksi terus merosot.

Kalau anda berminat mencicipi rasa kopi ini bisa langsung mengunjungi websitenya di http://edwin.maolana.web.id/ atau http://www.uleekareng.com/. He3x, salah satu tujuan blog kopi ini adalah mempromosikan kopi kita sendiri sebagai bentuk penghargaan bagi para petani kopi Indonesia yang nasibnya belum semaju rekan2nya di negara lain.

Saya sudah mencicipi kopi ini dan sebagaimana salah satu karakteristik kopi robusta, kopi Ulee Kareng adalah kopi yang full body dan rendah acidity-nya. Siapkan indera perasa anda karena sekali lagi ini bukan kopi yang ringan sebagaimana kopi dari warung yang biasa kita beli. Memang nama kopi ini belum sepopuler merek kopi2 lain, tapi kopi Aceh merupakan salah satu produk premium di pasaran kopi dunia untuk di blend dengan kopi dari negara2 lain.

Salah satu karakteristik lain dari kopi Ulee Kareng adalah warnanya yang sangat pekat. Gunakan French Press yang berkualitas untuk menyaring ampasnya dan nikmati segelas black devil dari wilayah nun jauh di Barat sana. Aceh.

Mas Edwin, terima kasih kopinya ya. Salam.

* * * * *

sumber : cikopi.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Ulee Kareng | Kopinya Orang Aceh Rating: 5 Reviewed By: abunagaya