728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, November 4, 2015

Nama-Nama Biji Kopi Terbaik kopi Gayo


ketinggian pohon kopi dari permukaan laut

4 proses kopi yang terkenal di dunia, yaitu:

1. Natural process, dimana gelondong atau cherry kopi merah yang sudah dipetik langsung si jemur tanpa melakukan proses pulper atau mengelupaskan daging buah. Sangat tidak di rekomendasikan untuk iklim Indonesia, karna persentasi kegagalan dan defact(cacat) sangat besar. Namun ada saja peminat dari kopi ini yang dapat mengeluarkan bau seperti nangka pada biji kopi arabikanya.

2. Pulp Natural / Honey Process, dimana gelondong kopi atau cherry kopi merah yg telah dipetik dilakukan proses pulper( pengelupasan daging buah) kemudian di jemur. Di anjurkan tidak tersentuh tangan. Karna bakteri pada tangan dapat menimbulkan jamur pada biji kopi. Kemudian di huller(pemisahan kulit tanduk dengan green bean). Dapat terjadi perubahan warna jika varietas dan ketinggian berbeda. Timbul rasa manis akibat karamelisasi dan harua terjamin higenis.

3. Dry Hulle / Proses Kering, dimana petik cherry kopi merah dan di fermentasikan dimasukan ke dalam karung, diendapkan atau didiamkan. Proses durasi bisa sampai 12-36 jam tergantung
kebutuhan. Kebersihan dan keamanan lebih terjamin .

4. Wet process / Basah, dimana pemetikan gelondong cherry merah di pulper( kuliti buahnya bisa
dengan mesin atau manual), difermentasikan dengn direndam dengan air(lebih bagus dengan air mengalir) durasi antara 12-36 jam sesuai kebutuhan. Dijemur di para2(dibawah jaring dengan matahari) durasi antara 1-15 gari tergantung penyinaran matahari. Masih pada kulit tanduk, yang akan membuat kadar air niji kopi menjadi 12-14% . Dan disortir bisa manual dengan tenaga wanita berpengalamany di gayo atau mesin. Namun lebih akurat dan higenis manual.

Untuk melihat apakah itu tanaman kopi arabika atau robusta juga dapat dilihat pada bentuk daunnya. Daun kopi arabika lebih jatuh dan berukuran kecil. Sedangkan untuk kopi robusta daunnya lebih kaku dan lebar. Untuk pemetikan kopi diharuskan mengambil buah kopi cherry yang merah. Karena bila mengambil yang masih hijau atau kuning akan menyebabkan luka pada tempat pensuplai makanan pada tanaman tersebut dan akhirnya membuat proses pembuahan menjadi lebih lama akibat pemulihan luka tersebut.



ORO COFFEE GAYO.  salah satu perusahaan kopi terbesar yang ada di gayo, yang sudah mengexport hampir ke seluruh penjuru dunia, seperti Amerika( New York, Seattle, Amerika latin), Eropa, swiss, Rusia ,  Swedia, Denmark, Asia( Korea Selatan, Jepang). Di sini proses sortir pertama dilakukan oleh mesin suton(milling)  yaitu mesin ayak yang membuang sampah atau treage dari green asalan  atau kulit tanduk. Kemudian melakukan proses sortir manual kembali oleh para pekerja wanita disana atau sebutan lainnya DP(double pick), pada saat ini biji kopi siap di jual dengan syarat sampah/treage max 8%, Defact(cacat) max 8%., kopi grade 1, kadar air max 14%. Dan ini yang akan di export dan di import oleh ORO COFFEE GAYO.

NAMA-NAMA BIJI KOPI TERBAIK KOPI GAYO

Sedangkan untuk specialty adalah orang tertentu yang bertugas untuk mensortir jenis kopi setelah DP(double pick) kini menjadi TP(triple pick). Disini tersortir beberapa jenis kopi seperti,(dari yang mahal ke yang paling murah berurutan):
A. Kopi luwak(luwak liar)
B. Kopi King Gayo (biji pilihan, rasa lebih strong)
C. Pea berry (biji kopi tunggal, rasa strong)
D. Vulkano (kebun kopi berada di daerah gunung berapi)
E. Natural ( rasa aroma lebih soft dan berbau nangka. Cocok untuk wanita)
F. Fanci (rasa aroma lebih soft, cocok untuk wanita,beda jenis)
G. Special (kopi ditanam di ketinggian cukup tinggi, 1600-1700 dpl,rasa dominan coklat)
H. Long berry (biji panjang, kopi tim tim)
I. Arabika blend (berbagai kopi gayo grade 1 dicpur jadi 1dengan di blend)
J. Arabus ( Arabika+Robusta)
K. Arabika




Sumber : cutritakemala.blogspot.co.id
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Nama-Nama Biji Kopi Terbaik kopi Gayo Rating: 5 Reviewed By: abunagaya