728x90 AdSpace

Latest News
Monday, November 9, 2015

4 Jenis Biji Kopi Terkenal di Dunia, Dan Indonesia memilikinya.


Bagi yang suka minum kopi? Sudah tahu jenis-jenis biji kopi yang terkenal di dunia? Kalau kamu pencinta kopi, yuk cari tahu kopi yang kamu minum itu terbuat dari biji apa. Salah satu jenis biji kopi yang terkenal berasal dari Indonesia, loh! Berikut kami rangkum jenis-jenis kopi di dunia :

1. Kopi Arabika



Kopi nomor satu ini menguasai sekitar 70% pasar dunia. Kopi arabika berasal dari Brasil dan Ethiopia. Varietasnya banyak, tergantung tempat ditanamya kopi ini. Di Indonesia sendiri, kopi Toraja dan Mandailing adalah jenis kopi arabika. Ciri-ciri utamanya adalah hidup di daerah sejuk, memiliki rasa asam, serta relatif lebih kental dibanding robusta.

2. Kopi Robusta


Kopi robusta memegang 30% pasar dunia. Bisa ditanamnya jenis biji kopi ini di daerah yang lebih rendah, sehingga bisa ditanam dengan persebaran lebih luas, menjadikannya lebih murah daripada kopi arabika. Rasanya lebih pahit, dengan tekstur lebih kasar.

3. Kopi Liberika, Racemosa, Excelsa


Jenis kopi ini berasal dari afrika. Ketiganya sekarang mulai dikenal oleh banyak orang, namun masih dalam berbagai tahap pengembangan. Jenis kopi ini memiliki biji yang relatif besar. Kita tunggu saja beberapa saat lagi akan seperti apa variasinya.

4. Kopi Luwak


Pastinya kita semua familiar dengan kopi luwak. Kopi inilah yang berasal dari Indonesia. Kopi luwak diolah dengan mengambil bagian yang tidak dicerna oleh luwak dan keluar bersama kotorannya setelah memakan biji kopi (arabika/robusta). Luwak hanya memakan biji kopi dengan kualitas tinggi, yang dapat dirasakannya dengan indra penciumannya. Oleh karena itu, cita rasa dari kopi luwak pun sangat tinggi, yang menjadikannya kopi dengan harga tertinggi di dunia, dengan perbandingan berkali-kali lipat dari jenis biji arabika dan robusta biasa.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: 4 Jenis Biji Kopi Terkenal di Dunia, Dan Indonesia memilikinya. Rating: 5 Reviewed By: abunagaya