728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, November 22, 2015

A FILM ABOUT COFFEE: PERJALANAN PANJANG SEBUAH KENIKMATAN


Rasanya takjub ketika melihat perjalanan panjang kopi hingga akhirnya sampai ke cangkir. Dan semuanya terangkum dengan lengkap dalam film dokumenter yang disutradarai oleh Brandon Loper ini.
Mungkin sebelum film dokumenter A Film About Coffee ini dibuat telah ada film dokementer lain yang menuturkan tentang perjalanan biji kopi hingga sampai ke cangkir. Tapi, tak ada salahnya jika kamu menonton film yang dirilis pada 26 April 2014 ini, kamu akan menyaksikan gambar-gambar indah, tuturan menarik yang jauh dari membosankan serta detail-detail menarik yang tak kita ketahui tentang proses kopi sebelum sampai ke tegukan.
a-film-about-coffee-poster-updated-billing-block-Recovered-662x1024
Sutradara Brandon Loper mengatakan bahwa film yang dibuatnya ini adalah surat cinta serta perenungan untuk mendapatkan makna sesunggunya dari dunia coffee specialty. Itu kenapa film ini dibuat dengan begitu apik dengan wawancara yang terselip dari nama-nama tokoh yang berpengaruh dalam industri kopi dunia. A Film About Coffee juga ‘melakukan perjalanan’ dari Rwanda, Honduras, Amerika Serikat hingga sampai ke Jepang. Semuanya direkam secara indah dan tak berlebihan. Sebuah dokumenter yang baik tak melebih-lebihkan, meski tak kehilangan esensi dari indahnya kenyataan yang ada.
Film ini dibuka dengan diperlihatkannya proses menyeduh dengan syphon secara perlahan. Seketika menyadarkan kita bahwa menyeduh kopi adalah proses bak ritual. Tak boleh sembarangan karena tiap langkah adalah makna yang kompleks. Sisi informatif yang diusung film ini semakin lengkap dengan hadirnya wawancara dan pendapat para ahli kopi. Mulai dari George Howell, seorang perintis coffee specialty terkemuka yang memaparkan tentang betapa kayanya proses menyeduh kopi. Ada juga James Freeman, orang di balik nama besar Blue Bottle yang berbagi tentang perspektif dan fenomena tentang perkembangan brewing process.
Tentang Perjalanan Ke Asal Mula
Bagian terbaik dari film dokumenter ini buat saya adalah ketika Darrin Daniel dari Stumptown melakukan single origin trip untuk membeli biji hijau di wilayah Huye Mountain Rwanda. Di sini tak hanya ditampikan bagaimana Daniel berinteraksi dengan petani lokal tetapi juga proses kopi dari buah hingga disebarkan ke seluruh dunia. Saya baru tahu kalau di Rwanda proses perjalanan kopi taklah begitu mudah namun indah. Mereka yang bekerja di strata bawah industri kopi ternyata bekerja begitu keras. Mereka harus membawa biji kopi menggunakan sepeda melewati pegunungan. Melakukan pencucian biji hijau dengan tarian dan nyanyian yang dilakukan setiap saat dengan riang gembira. Serta terpampang jelas betapa mereka yang terlibat langsung dengan kopi nikmat yang kita nikmati setiap hari ternyata memiliki taraf hidup lebih rendah dari yang kita tahu.
Meski begitu, perjalanan asal mula biji kopi tetaplah sebuah perjalanan penuh suka cita. Banyak interaksi menyenangkan antar manusia di sana. Hebatnya di sini tak melulu tentang bisnis, tetapi juga hubungan antar manusia satu dengan manusia dari ujung dunia yang entah darimana datangnya. Kopi menyatukan manusia di seluruh penjuru dunia meski tak pernah bertatap muka.
Bertemu Sang Legenda
Daibo, seorang legenda kopi di Jepang juga ditampilkan di film dokumenter ini. Bersama istrinya Keiko, Daibo membuka kedai kopi yang telah beroperasi selama 38 tahun. Tak seperti kedai kopi biasa, kedai kopinya sangat tradisional. Yang membuat saya takjub adalah bagaimana cara Daibo menyeduh kopi untuk pelanggannya dengan cara yang lebih mirip sebuah ritual yang sakral. Kopi diseduh perlahan-lahan dengan kehati-hatiah seorang coffee master. Ada kesungguhan dan keindahan dalam tiap prosesnya. Membuat mata yang menyaksikan seketika tak ingin berkedip sekalipun. Daibo memberikan satu hal yang tak mungkin saya lupa: kopi adalah makna yang tak bisa disajikan dengan tergesa-gesa. Meski kedai kopi ini tak beroperasi lagi, semua penikmat kopi pastilah akan sangat berterima kasih karena pernah ada seseorang yang mengapresiasi kopi sehebat Daibo.
Akhirnya saya hanya bisa mengatakan bahwa A Film About Coffee adalah sebuah film dokumenter yang sengaja diciptakan untuk pecinta, penikmat, pebisnis dan siapa saja yang hidupnya terlibat akan kopi. Selamat menonton, selamat jatuh cinta lagi.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: A FILM ABOUT COFFEE: PERJALANAN PANJANG SEBUAH KENIKMATAN Rating: 5 Reviewed By: abunagaya