728x90 AdSpace

Latest News
Friday, November 20, 2015

Menyeduh Kopi Nikmat dengan "Coffee Press"

Kenikmatan kopi Indonesia memang sudah diakui dunia. Beberapa kopi daerah seperti Aceh, Lampung, Jawa, Bali, Flores, hingga Papua bahkan sudah punya penikmatnya masing-masing.

"Untuk membuat kopi yang benar-benar nikmat dan sempurna ada tekniknya sendiri. Kalau hanya sekadar ingin diminum saja, ya tinggal seduh. Tetapi bagi penikmat kopi, aroma dan rasa itu penting," ungkap Mirza Lukman, Assistant Learning and Development Manager Stabucks, saat peluncuran menu baru di Starbucks di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kopi hangat bisa dibuat dengan cara menyeduh kopi bubuk dengan air panas. Namun, jika memiliki biji kopi sendiri sebaiknya seduh kopi dengan menggunakan Coffee Press (alat pembuat kopi yang berbentuk seperti teko). Alat ini merupakan alat pembuat kopi dengan cara merendam ampas kopi dalam air panas.

Berikut beberapa trik yang harus diperhatikan ketika menyeduh kopi dengan bantuan Coffee Press:

1. Langkah awalnya, Anda harus menggiling biji kopi sampai mendapatkan butiran kopi yang kasar. Hindari menggiling sampai halus karena akan membuat air kopi sulit dipisahkan dari ampasnya.
2. Sebelum digunakan, panaskan Coffee Press dengan cara menuangkan air mendidih ke dalamnya. Kemudian diamkan sebentar sampai suhu di dalamnya meningkat. Buang airnya.
3. Masukkan biji kopi giling kasar ke dalam alat penyaringnya. Jangan terlalu banyak memasukkan biji kopi giling ke dalamnya agar tidak terlalu pahit saat dinikmati. "Untuk membuat dua cangkir kopi hitam, kopi yang dibutuhkan berkisar antara 20 gram atau setara empat sendok teh," jelasnya.
4. Tuangkan 300 ml air panas dengan perlahan-lahan, kemudian tekan Coffee Press. Tak perlu menekan terlalu kuat, beri tekanan sedikit saja agar semua ekstrak kopi benar-benar keluar. Kemudian diamkan selama empat menit.
5. Setelah empat menit, tekan lagi Coffee Press-nya perlahan-lahan sampai habis. Kemudian, angkat alat penekannya dan segeralah pindahkan kopi ke dalam cangkir. "Sekalipun kopinya tidak ingin langsung dihabiskan, tapi hindari merendam kopi dan ampasnya dalam Coffee Press, karena bisa membuat ekstrak kopi keluar terus dari ampasnya, sehingga rasanya berubah jadi sangat pahit," sarannya.
6. Kemudian, tambahkan gula ke dalam kopi dan aduk perlahan.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Menyeduh Kopi Nikmat dengan "Coffee Press" Rating: 5 Reviewed By: abunagaya