728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, November 11, 2015

ROBOT YANG JAGO MEMBUAT KOPI bernama ROBOBARISTA

Tak hanya manusia, kini robot pun telah mampu membuat kopi dengan mengoprasikan mesin espresso.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan keahlian manusia, maka segalanya pun dapat diselesaikan dengan cara mudah. Seperti diciptakannya robot yang kelak akan akan memudahkan pekerjaan manusia di masa depan. Aneka robot pun mulai bermunculan, mulai dari robot yang fungsinya membantu manusia dalam urusan rumah tangga, hingga robot yang menjelma sahabat bagi pemiliknya.
Untuk pecinta kopi, Universitas Cornell yang dipimpin oleh asisten profesornya Ashutosh Saxena menciptakan robot yang mampu menjadi barista personal yang diprogram bisa mengopreasikan mesin espresso. Robot yang diberi nama Robobarista ini ternyata tidak diciptakan untuk mengoprasikan mesin-mesin kopi otomatis yang mudah digunakan, tetapi mesin espresso manual yang biasanya digunakan oleh barista-barista profesional.
Robobarista mampu bekerja layaknya barista terlatih. Benda keren ini diprogram dengan menggunakan kamera 3D dan langerfinder laser yang dapat mengidentifikasi objek secara mudah. Itu kenapa Robobarista mampu mengetahui di mana letak cangkir, bagaimana memencet tombol dan membuat kopi melalui mesin espresso dengan sempurna.
Robobarista juga diprogram dengan sistem algoritma yang mendalam dan kompleks sehingga dia mampu mengingat dan melaksanakan instruksi tertulis. Program yang ada pada Robobarista memungkinkan dia mengunduh dan mengurai informasi tentang cara menggunakan mesin espresso baru lalu memecah tugasnya secara sistematis satu per satu.
Jangan kira Robobarista hanya mampu membuat satu jenis minuman saja. Robot pintar ini mampu membuat beragam menu kopi yang dibuat dengan menggunakan mesin espresso. Mulai dari espresso, long black sampai café latte. Meski telah mampu mengoperasikan mesin espresso dengan sempurna, Robobarista hanya memiliki akuransi 60 terhadap mesin espresso baru. Hal tersebut terjadi karena Robobarista mengalami masalah terhadap sistem visualnya. Sistem visualnya sendiri masih mengalami ketidaksempurnaan saat berhadapan dengan pola cahaya kompleks pada benda yang memiliki permukaan mengkilap.
Tim dari Universitas Cornell mengatakan pengembangan Robobarista selanjutnya adalah robot ini akan dikembangkan sistem sentuh dan pengurangan tingkat error. Misalnya pada saat membuat kopi Robobarista masih sering menabrak sesuatu. Hal ini yang ingin mereka antisipasi selanjutnya. Meski belum sempurna, Robobarista adalah sebuah penemuan mutakhir yang sangat berpotensi besar menggantikan barista-barista bekerja di balik coffee bar di masa depan.

sumber : ottencoffee.co.id
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: ROBOT YANG JAGO MEMBUAT KOPI bernama ROBOBARISTA Rating: 5 Reviewed By: abunagaya