728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, November 21, 2015

Kopi Tak Selalu Pahit, BELAJAR MINUM KOPI UNTUK PEMULA


Banyak orang yang tak mau minum kopi karena takut pada pahitnya. Padahal kopi tak melulu pahit saja.
Saya sering mendapatkan pertanyaan yang sama berkali-kali “kenapa suka kopi? Kopi bukannya pahit?”. Dan saya selalu menjawab dengan jawabannya yang sama pula “minum kopi itu seperti hidup. Kalau kamu tidak bisa menikmatinya yang kamu rasakan hanya pahitnya saja”. Memulai minum kopi tak mudah bagi beberapa orang dan di sinilah tantangan itu berawal. Untuk peminum kopi pemula, saya akan memberi beberapa tips yang (mudah-mudahan) akan menimbulkan minat mereka terhadap kopi. Ingat, kopi itu bukan pahit, kopi itu beragam rasa. Hanya saja tergantung bagaimana kita menikmatinya.

Minum Kopi yang Manis
Bagi mereka yang belum pernah minum kopi, sebaiknya cobalah kopi yang manis. Kopi hitam atau espresso tidak disarankan karena akan membuat peminum pemula shock dengan rasa pahitnya dan mungkin akan menimbulkan trauma. Cobalah minum kopi hitam dengan dibubuhi sedikit gula. Jangan fokus pada rasa pahit saat kamu meneguknya. Fokuslah pada manis yang ‘lebur’ bersama rasa kopi.
Cobalah Minum Kopi dengan Susu
Cappuccino, café latte, flat white dan beragam jenis minuman kopi yang mengandung susu. Susu memberikan rasa manis yang creamy terhadap espresso yang pahit. Cobalah meminum minuman jenis ini terlebih dahulu sebelum kamu melangkah mencoba minuman ‘kopi murni’. Keindahan latte art juga akan menambah antusiasme kamu terhadap kopi yang disajikan barista. Percayalah, peminum kopi pemula akan berbahagia menikmati kopi dengan susu yang disajikan dengan persentase yang cantik.

Kurangi Kadar Gula Setiap Hari
Saat kamu bisa menikmati kopi hitam dengan gula, cobalah kurangi kadar kopinya setiap hari. Jika hari ini kamu meminum kopi dengan dua sendok teh gula, cobalah besok minum kopi hitammu dengan satu sendok gula. Lakukan pengurangan kadar gula setiap kamu meminum kopi. Meski setiap orang memiliki selera sendiri terhadap kopinya, untuk para pemula yang belum tahu selera mereka cara yang satu ini boleh dilakukan.
Pelajari Kebaikan yang Bisa Diberikan Kopi
Saat kamu enggan meminum kopi, coba cari tahu manfaat baik yang diberikan kopi untuk tubuh kamu. Kopi memberikan banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Mulai dari mengurangi depresi, mengurangi resiko alzeimer, memberi energy dan banyak lagi. Mungkin dengan mengetahui manfaat kopi kamu akan terpacu untuk menikmati kopi setiap hari.

Nongkrong di Kedai Kopi
Geliat industri kopi memberikan efek luar biasa bagi pebisnis dengan banyaknya coffee shop keren yang menjamur. Kalau biasanya kamu nongkrong di tempat makan dan bukan di coffee shop specialty, cobalah berpindah haluan. Ajak teman atau pacar nongkrong di coffee shop specialty, lihat aneka menu yang ada di sana, berbicaralah dengan barista dan lihat keseruan aktivitas di kedai kopi. Karena seperti kata orang “di mana kamu berada, dengan siapa kamu beraktivitas, maka sedikit banyak kamu akan seperti mereka”. Bergaul di kedai kopi akan memberi pengaruh bagi selera minum kopi kamu.

Lupakan Iced Blended, Beralihlah ke Cold Brew
Minuman kopi dingin nan manis atau sangat manis, sekarang harus kamu jauhi sementara. Jangan mau dimanjakan oleh rasa manis, bermainlah dengan kopi dingin yang tak mengandung unsur lainnya. Kalau kamu penyuka minuman dingin, cobalah cold brew dan sensasi minum kopi yang diproses berjam-jam. Siapa tahu dari situ kamu bisa menikmati kopi secara perlahan.
Kalau kamu bagaimana awalnya bisa menyukai kopi? Feel free to share with us.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Kopi Tak Selalu Pahit, BELAJAR MINUM KOPI UNTUK PEMULA Rating: 5 Reviewed By: abunagaya