728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, November 10, 2015

SEJARAH CAPPUCCINO

Hot Cappucino
8 November diperingati sebagai Hari Cappuccino, tapi tak banyak yang tahu kisah di balik minuman kopi dengan susu dan foam susu ini bermula.

SIAPA yang tak tahu dengan cappuccino? Setiap orang pasti pernah meminum cappuccino at least sekali seumur hidup. Cappuccino menjadi minuman kopi popular yang banyak bertengger di menu kedai-kedai kopi seluruh dunia. Di Italia sendiri cappuccino dinikmati saat sarapan. Rasa kopi dan susu dipercaya menjadi stamina untuk menghadapi hari yang panjang. Tapi tak banyak yang tahu bagaimana awalnya cappuccino disebut dengan “cappuccino”. Ada sejarah yang mewakili asal namanya. Dan di sini akan dijelaskan singkat sejarah tentang minuman nikmat ini.

Di Italia sendiri, cappuccino berarti “little cap”. Yang dengan sempurna diartikan sebagai cangkir kopi nikmat yang atasnya dipenuhi busa susu (foam) yang bagian dasarnya dipenuhi espresso yang dicampur susu dengan proses steam susu agar berbusa.

Sebutan “little cap” sendiri diduga lahir dan terinspirasi busana sebuah kelompok religius yang ikonik di Italia. Mereka berasal dari Capuchin. mereka mengenakan jubah dan kerudung berwarna cokelat dengan kepala yang botak tercukur. Mungkin kelak inilah yang menjadi inspirasi dari minuman cappuccino. Capuchin untuk “cappuccino” dan kepala botak para manusia asal Cappuchin ini dinilai mirip dengan foam susu yang ada dipermukaan cappuccino.


Cappucino jauh sebelum mendapatkan namanya ternyata memiliki kisah perjuangan yang tak diketahui banyak orang. Jika kamu mendapati secangkir cappuccino dengan foam susu sempurna yang menutupi seluruh cangkir dan pinggirannya di kelilingi oleh lingkaran kopi berwarna kecoklatan, itulah asal mula bentuk cappuccino tradisional. Itulah yang melandasi kenapa cappuccino juga disebut sebagai “kepala cappuchin”. Tentunya hal ini terjadi sebelum ditemukannya latte art. Karena sekarang cappuccino selayaknya latte tak luput dari latte art di atas permukaannya.

 editor :   Ahmad
sumber  : OttenCoffee.co.id
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: SEJARAH CAPPUCCINO Rating: 5 Reviewed By: abunagaya